Tema tugas individual : “Mencari substansi dari satu kata pada 3 sumber buku dan simpulkan”
Nama : Neng Darlena Nurhasanah
Nim : 2013.53.026
Seksi : 03
Th. Ajaran : 2013
Membandingkan 3 Teori Perkembangan Kepribadian Manusia

Sumber :
1. A. Aziz Alimul Hidayat.2009.Pengantar Ilmu Keperawatan.Jakarta : Salemba Medika
2. Abu Ahmadi dan Widodo.2013.Psikologi Belajar.Jakarta :Rineka Cipta
3. Gorden Dryden dan Jeannetta Vos.2000. Revolusi cara belajar.Bandung: Kaifa

Usia

Teori Psikoseksual Freud

(Buku Ilmu keperawatan anak 1)

Teori Psikososial Erikson

(Buku “Psikologi Belajar”)

Teori Plaget

(Buku “Revolusi cara Belajar”)

Masa khusus kongnitif

Kesimpulan

0 – 7,0

Tahap kepuasan perkembangan pada daerah oral (0-1tahun) makan dan mulai bersuara, 1-3 tahun dimulai tahap angka, narsistik dan egoistik, obsestif, pandangan sempit dan gangguan pemikiran, introvert, kurang pengendalian diri, Tahap oehipal/phalik 3-5 tahun, mulai merasa suka pada lawan jenis

Tahap percaya pada 1 tahun pertama orang tua dan lingkungan untuk bersosialisasi, selanjutnya kemandirian 1-3 tahun kemandirian mulai dari aspek motorik dan bahasa, selanjutnya tahap inisiatif, anak mulai belajar mencari pengalaman baru secara aktif

Periode gerak Indrawi sejak kelahiran hingga 2 tahun : Memperoleh pengetahuan dasar lewat indrawi.

Masa Peroperasional, sejak sekitar 2-7 tahun : mengembangkan keterampilan bahasa dan menggambar, namun egois dan tidak bisa mengerti penalaran abstrak dan penalaran logika.

Tahap keemasan, anak memperoleh pengetahuan dasar secara indrawi. dimulainya kemandirian aspek motorik dan bahasa.

7,0 – 12,0

Tahap laten 5-12 tahap pubertas, berhadapan langsung pada tuntutan sosial suka berhubungan dengan teman sebayanya,

Tahapan rajin beraktifitas anak akan selalu mulai untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya sebagai prestasi,

Masa operasional nyata,

sejak usia 7-10 tahun

Mulai berpikir logis, menyusun pengetahuan, mengklasifikasi objek dan memikirkan masalah

Tahap pubertas, anak berhubungan dengan teman sebayanya, mulai berpikir logis dan realistis,mengklasifikasikan objek dan memikirkan masalah.

12,0 – 18,0

-….

Tahap genital 12 tahun keatas kepuasan mengarah pada perasaan cinta yang matang terhadap lawan jenis

Anak mulai mencari identitas dan perannya di masyarakat sesuai dengan fisik,perkembangan usia,tahap selanjutnya mencoba berhubungan dengan teman sebaya kelompok masyarakat serta menjalin keakraban

Masa Operasi formal. Sejak 11-15 tahun:

Anak-anak mulai berargumen secara realistis tentang masa depan dan berhubungan dengan abstraksi

Perkembangan kepribadian mengarah pada perasaan cinta terhadap lawan jenis,anak mulai mencari identitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>