Tema tugas individual : “Mencari substansi dari satu kata pada 3 sumber buku dan simpulkan”

Nama               : Neng Darlena Nurhasanah

Nim                 : 2013.53.026

Seksi                : 03

Th. Ajaran       : 2013

Membandingkan 3 Teori Perkembangan Kepribadian Manusia

Usia

Teori Psikoseksual Freud

(Buku Ilmu keperawatan anak 1)

Teori Psikososial Erikson

(Buku “Psikologi Belajar”)

Teori Plaget

(Buku “Revolusi cara Belajar”)

Masa khusus kongnitif

0 – 7,0

Tahap kepuasan perkembangan pada daerah oral (0-1tahun) makan dan mulai bersuara, 1-3 tahun dimulai tahap angka, narsistik dan egoistik, obsestif, pandangan sempit dan gangguan pemikiran, introvert, kurang pengendalian diri, Tahap oehipal/phalik 3-5 tahun, mulai merasa suka pada lawan jenis

Tahap percaya pada 1 tahun pertama orang tua dan lingkungan untuk bersosialisasi, selanjutnya kemandirian 1-3 tahun kemandirian mulai dari aspek motorik dan bahasa, selanjutnya tahap inisiatif, anak mulai belajar mencari pengalaman baru secara aktif

Periode gerak Indrawi sejak kelahiran hingga 2 tahun : Memperoleh pengetahuan dasar lewat indrawi.

Masa Peroperasional, sejak sekitar 2-7 tahun : mengembangkan keterampilan bahasa dan menggambar, namun egois dan tidak bisa mengerti penalaran abstrak dan penalaran logika.

7,0 – 12,0

Tahap laten 5-12 tahap pubertas, berhadapan langsung pada tuntutan sosial suka berhubungan dengan teman sebayanya,

Tahapan rajin beraktifitas anak akan selalu mulai untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya sebagai prestasi,

Masa operasional nyata,

sejak usia 7-10 tahun

Mulai berpikir logis, menyusun pengetahuan, mengklasifikasi objek dan memikirkan masalah

12,0 – 18,0

-….

Tahap genital 12 tahun keatas kepuasan mengarah pada perasaan cinta yang matang terhadap lawan jenis

Anak mulai mencari identitas dan perannya di masyarakat sesuai dengan fisik,perkembangan usia,tahap selanjutnya mencoba berhubungan dengan teman sebaya kelompok masyarakat serta menjalin keakraban

Masa Operasi formal. Sejak 11-15 tahun:

Anak-anak mulai berargumen secara realistis tentang masa depan dan berhubungan dengan abstraksi

Kesimpulan :

Perkembangan kepribadian pada usia 0-7 tahun, tahap kepuasan perkembangan pada daerah oral (0-1 tahun) memperoleh pengetahuan dasar secara. Dimulai tahap anal, narsistik dan egoistik,obsessif, pandangan sempit introvert, kurang pengendalian diri, serta dimulainya kemandirian aspek motorik dan bahasa. selanjutnya anak mulai suka pada lawan jenis serta berinisiatif belajar mencari pengalaman baru.

 

Perkembangan kepribadian usia 7-12 tahun tahap pubertasi berhadapan langsung pada tuntutan sosial suka berhubungan dengan teman sebayanya tahapan rajin beraktifitas anak akan selalu memulai untuk mencapai sesuatu yang diingikannya sebagai prestasi, anak mulai berpikir logis dan realistis menyusun pengetahuan,mengklasifikasikan objek dan memikirkan masalah.

 

Perkembangan kepribadian usia 12-18 tahun tahap genital 12 tahun ke atas kepuasan mengarah pada perasaan cinta yang matang terhadap lawan jenis,anak mulai mencari identitas dan perannya di masyarakat sesuai dengan fisik, perkembangan usia, tahap selanjutnya mencoba berhubungan dengan teman sebaya kelompok masyarakat serta menjalin keakraban.anak-anak mulai berargumen secara realistis tentang masa depan dan berhubungan dengan abstraksi.

 

Sumber :
1. A. Aziz Alimul Hidayat.2009.Pengantar Ilmu Keperawatan.Jakarta : Salemba Medika
2. Abu Ahmadi dan Widodo.2013.Psikologi Belajar.Jakarta :Rineka Cipta
3. Gorden Dryden dan Jeannetta Vos.2000. Revolusi cara belajar.Bandung: Kaifa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>